Jumat, 16 Oktober 2015

Gami bawis Kota Bontang Pecahkan Rekor Muri 2015

 Pada peringatan hari Jadi Kota Bontang yang ke -16 kami dari keluarga Jejak Budaya yang berasal kota Tenggarong bergabung dengan rekan -rekan jejak budaya yang di kota Bontang setelah mengikuti berbagai berlimbur Erau Pelas Bunua Guntung yang merupakan rangkain penutup acara Erau yang di laksanakan selama sepewkan di kelurahan Guntung - Kota Bontang.

Pada tanggal 11 Oktober kami mendapatkan kesempatan untuk dapat mengikuti acara yang sangat spesial yang di selenggarakan pemerintah kota Bontang dengan pemcehan rekor Muri Gami Bawis .
Bawis sendiri adalah jenis ikan yang biasa dimakan oleh orang-orang diBontang dan sekitarnya. Biasanya dimasak dengan cara di goreng. Gami atau Sambal Gami adalah sambal khas Bontang. Sambal ini unik karena dihidangkan di atas cobek yang sudah dibakar sehingga membuat sambal dapat mendidih untuk beberapa waktu. Dengan kata lain sambal hotplate. Pertama sambal dimasak terlebih dahulu lalu disiram minyak panas. Selanjutnya sambal dan minyak tadi dituangkan ke dalam cobek yang sudah dibakar tadi. Sehingga membuat sambal mendidih. Sedangkan Gami Bawis adalah Ikan Bawis yang dimasak di dalam sambal Gami lalu dihidangkan di atas cobek atau hotplate yang telah dibakar sebelumnya. Rasanya? Mirip bumbu rica-rica. Namun ada sensasi yang berbeda. 


Acara di mulai pada jam.07.00 dengan melibatkan pihak PKK bontang juga masyarakat kota bontang,termasuk perwakilan kami ( jejak budaya ) juga berkesempatan merasakan kipas - kipas bersama ibu -ibu dan masyarakat kota Bontang  adalah pengalaman yang sangat berharga,pelajaran ,pengalaman dan asyiknya kita bisa menikmati gami bawis gratisssss Brooo..
Pelaksanaan kegiatan pemecahan rekor Muri lebih keren lagi ketika Chef Juna mulai beratraksi memainkan perannya sebagai salah satu  juru masak andalan Indonesia,bersama artis yang akan menghibur warga bontang pada malam harinya.
Indonesia kaya akan hasil budaya dan melimpah ruah hasil alamnya yang sudah sepatutnya kita belajari dengan cara melukakan berbgai penelusuran jejak,memahami ,mengembangkan juga andil dalam pelestariannya.

Chef juna
gami bawis Udang
Gami Bawis yang berhasil di pecahkan berjumlah 2000 + 5 di tambah 5 hasil buatan kami heheh



 Selamat merayakan Hari Jadi Kota Bontang semoga terus maju dalam menyejahterakan warganya dengan tetap mengedepankan kearifan lokal.
Terimaksih kepada rekan -rekan Jejak Budaya kota Bontang - Putra -Putri Pariwisaata kota Bontang dan seluruh masyarakat kota Bontang - mohon maaf atas kesalahan penulisan 

setelah kenyang dengan Gami Bawis kamis istirahat sebentar di salah satu rumah keluaga jejak budaya namanya Ramly atau sering kami panggil Pajero .
malam harinya kami lanjut bersantai ria di Bontang Kuala menikmati kopi dan desiran angin laut ,yaa setidaknya masih bisa menikmati rasa kekeluaragaan yang tercipta di jejak budaya.
Bersantai di Bontang Kuala

sampai Jumpa di catatan Jb berikutnya pastinya masih dari Kota Bontang ...


photo :zuki
editor @cikal

0 komentar: