Sabtu, 09 Januari 2016

Biduk - biduk kabupaten Berau

03 12 2015 hari pertama, berangkat dari kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Kalimantan Timur
Kami ikut serta dalam kegiatan sosialisasi sadar wisata melalui aksi sapta pesona di Desa Giring-giring Kecamatan Biduk-Biduk Kabupaten Berau, program pemerintah  ini bertujuan untuk mendorong tewujudnya iklim yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan di suatu wilayah dan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Sapta Pesona merupakan kondisi yang harus diwujudkan dalam rangka menarik minat wisatawan berkunjung kesuatu daerah atau wilayah di Negara kita. Sapta Pesona terdiri dari 7 unsur yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah, dan kenangan. Disini kita diberikan pengarahan bagaimana kita menjaga dan mengelola tempat objek wisata di daerah kita maka dari itu dinas pariwisata memberikan penyuluhan dengan melibatkan masyarakat tentang sadar wisata terlebih lagi dalam menjaga dan melestarikan objek yang ada.
Kami yang tergabung dari beberapa komunitas ikut menjadi relawan untuk mengalakkan Sadar Wisata melalui Aksi Sapta Pesona, diantaranya excotic kaltim, mahakam explore, pemuda pelopor, jejak budaya dan dari Dinas Pariwisata Propinsi Kalimantan Timur sebagai pelaksana Kegiatan Sapta Pesona. Selesainya sosialisasi kami melakukan aksi bersih-bersih pantai di Teluk Sulaiman yang mana melibatkan peserta sadar wisata serta masyarakat sekitaran objek wisata dan tak lupa pemasangan plang sapta pesona serta tong sampah ini adalah simbol bahwa kita sebagai masyarakat atau pengunjung wisata harus menjaga yang namanya kebersihan ligkungan di tempat wisata.
04 12 2015 hari kedua, Labuan Cermin, kita berkunjung di Labuan 2 rasa yang terkenal di daerah ini dengan terangnya air dan kita bisa melihat dasar danau dari atas air, kenapa disebut Labuan 2 Rasa karena kita bisa memastikan air yang di atasnya adalah air tawar sedangkan di bawah air sudah berubah menjadi air asin, karena itulah orang-orang sekitaran labuan cermin menyebutnya labuan 2 rasa. Dan tak hanya itu saja kita bisa menjumpai 2 kawasan labuan yang berada d satu jalan ke labuan 2 rasa yaitu sungai asam dan labuan kelambu.

Untuk menuju ke sungai asam kita bisa melalui dengan tracking kurang lebih 30 menit dari jalan darat kalo air pasang kita juga bisa mengunjunginya dengan perahu kelotok, untuk tracking kita harus berhati-hati karena disini terdapat lumpur hidup, dan itu berdasarkan informasi dari pengelola objek disana. Sedangkan untuk Labuan Kelambu kita bisa menjumpainya dengan berjalan 10 menit naik keatas dari labuan 2 rasa, kenapa ini dinamai Labuan Kelambu karena pada saat embun turun di labuan ini embunnya berbentuk kelambu yang menutupi sekitaran labuan tersebut oleh karenanya tempat ini dinamakan labuan kelambu dari pengelola objek labuan cermin.
Setelah dari labuan cermin kami pun istirahat sholat jumat dan makan siang, kami berangkat dari penginapan menuju ke teluk sulaiman untuk mengunjungi beberapa objek wisata yang lumayan jauh dari teluk sulaiman. Dengan memakan waktu 30 menit dari teluk sulaiman dengan menaiki perahu boat kami pun sampai di salah satu pulau yang tak berpenghuni Kaniungan Kecil disini kami dimanjakan dengan pasirnya yang putih bersih serta birunya laut, pulau yang mempunyai berdiameter kurang lebih 1 hektare ini mempunyai keunikan tersendiri.
Sehabisnya kami menikmati pulau kecil Kaniungan, kami melanjutkan 20 menit perjalanan menuju ke Teluk Sumba disini terdapat air terjun bidadari, yang mana air terjunnya terdapat di bibiran pantai teluk sumba, serta kalau kita beruntung kita bisa melihat kawanan lumba-lumba, penyu, dan paus di daerah sekitaran teluk ini. Selesai menikmati di air terjun bidadari teluk sumba, kami melanjutkan untuk ke pulau Kaniungan Besar yang mana disini terkenal dengan wisata snorklingnya.
Suatu kenangan yang tak terelakan dengan indahnya objek wisata di Biduk-biduk kaya objek wisata Pesona Alam Kalimantan Timur Wonderful Indonesia.